Jumat, 20 April 2018

Akhirnya gw Papsmear Juga


Udah lama gw pgn papsmear, udah setaun apa dua taun ini kali, tapi maju mundur mulu, taulah gw takut bgt dg segala prosedur kedokteran, boro boro papsmear, usg aja gw takut hahaha.

Taun ini emang gw punya rencana bwt memperbaiki kesehatan gw, taun lalu mulai diet dan berakhir ke healthy eating (niatnya, tapi kalo pas pgn gw tetep makan indomie kok haha), taun ini giliran ke dr periksa ini itu berobat ini itu. Pemeriksaan gigi, sama alat reproduksi diprioritaskan.

Dan siang ini ngacirlah gw ke prodia, sendirian, takut, tp nekat. Masuk prodia, ngadep mbaknya, tanya ini itu, isi formulir ini itu, bayar, nunggu, prosedur, pulang.

FYI:
Biaya papsmear di prodia palu SSBC 430rb, Periksa HPV-DNA (periksa apakah udah ada hpv di badan kita) biayanya 625rb. Karna ini Bulan April ada Hari Kartini maka diskon 20%.

Tadinya gw mau papsmear doang, tp dalam rangka biar tuntas, gak usah bolak balik, dan kebetulan gw udah menganggarkan biaya kesehatan tahun ini, maka gw periksa papsmear dan HPV-DNA, total bayar 844rb.

Prosedurnya, buka celana luar dalem, bobok di kasur periksa, betis ditaroh ditempat betis diatas, ngangkang dg ikhlas (pose ky pas dikuret buat yg pernah), lalu tarik napas, spekulum (cocor bebek) masuk, napas biasa, spekulum dilebarin dan dikunci, alat pengambil sampel masuk, utik utik utik, kulik kulik kulik, spekulum disempitkan, tarik napas, spekulum keluar, napas biasa, berdiri, pake celana dalem luar, kelar.

Semua proses diatas memakan waktu kira-kira lima menit, saat spekulum masuk sampe keluar kira2 2-3 menit aja.

Apakah sakit? TIDAK teman teman.

Selama ini yg bikin gw maju mundur mau papsmear itu karna gw takut prosedur papsmear itu sakit, takut dengan kata2 "dimasukin cocor bebek". Gw mengkhayalkan cocor bebek berbahan besi yg besar dan menyeramkan dimasukin ke Vagina, ternyata cocor bebeknya bahan plastik/karet gw gatau pokoknya sejenis itu, warna putih bening, kecil, saat dimasukin gak sakit sama sekali, yg agak ngilu itu pas diambil sampel, ngilu aja di hati (kaya pas gebetan ternyata seneng ama temen kita), bukan sakit ya, mungkin bagi beberapa org papsmear terasa sakit tapi gw sih enggak, cm ky di dalem ada yg diutik utik, haha.

Dah lega gw, tinggal nunggu hasilnya, diambil setelah dua minggu, gaes doain gw sehat yaaaa.

Makasih atas doanya.

with love,, Meeya Sabrina

Tidak ada komentar: